Kali ini saya akan membagi pengalaman setelah mengganti rumah kopling Vixion saya dengan rumah kopling milik R15, yang pastinya sudah saya terapkan dan terbukti maknyuss...., Yuk mari.....
Berawal dari terawangan saya di page Old Vixion Lovers di Facebook, saya mendapatkan informasi yang dibagikan oleh om Dodi W mengenai Rumah Kopling R15 yang bisa diaplikasikan ke Old Vixion (bisa juga dilihat di youtube link nya disini), info tersebut sukses membuat saya penasaran mengenai performa Old Vixion yang dicangkokkan rumah kopling R15. Belum lagi ditambah testi-testi dari para "penerapers" disini yang sudah lebih dulu dipasangi oleh om Dodi W, semuanya kasih testimoni yang positif. Kebetulan.... apa dibetul-betulin,, suara dari rumah kopling motor saya juga udah mulai konser akhir-akhir ini naaahh....
Oke kita mulai...,
Pertama seperti biasa siapkan bahan-bahan yang diperlukan :
- Rumah Kopling R15 kode part : 2PK-E6150-00
- Pressure Plate R15 kode part : 45P-E6351-00
- Boss Clutch R15 kode part : 45P-E6371-00
- Spring Clutch R15 kode part : 45P-E6333-00
- Screw Spring R15 kode part : 45P-E6337-00
Untuk pelat koplingnya bisa tetap pakai yang lama, atau kalo emang bener-bener pengen afdol, ganti sekalian dengan milik R15. Oh iya jangan lupa siapin oli yang baru, akan lebih pas kalau mas bro lakukan operasi plastik ini pada waktunya ganti oli, biar lebih hemat.
Nah sampai disini memang kelihatannya banyak parts yang diganti, total biaya kurang lebih 500rb-an (diluar harga oli), tapi santai bro ini awalnya saja, nantinya kalau mau ganti kampas kopling cuma 200 rb atau rumah kopling "cuma" 110rb saja. Bandingkan dengan punya vixion yang harga rumah koplingnya saja 400rb atau harga satu set kampasnya 300rb "Jegerrr".
Proses Pemasangan
Menurut sumbernya om Dodi W, ada sedikit penyesuaian pada rumah kopling R15 sebelum bisa dipasang ke Old Vixion. disinyalir rumah kopling R15 ini tidak ada gear kick starter (R15 tidak pakai kick starter) sedangkan Old Vixion ada kick starter.
Kalau dipaksa dipasang tidak akan bisa di "plug-in" karena akan terbentur roda gigi penghubung atau bahasa kerennya idle starter gear. Nah untuk mengakalinya menurut sumbernya harus dipindah roda gigi original pada rumah kopling lama ke rumah kopling R15 yang baru. Selanjutnya tinggal pasang saja tanpa ada kendala. Langkah-langkah lengkapnya versi om Dodi bisa dilihat disini.
Namun menurut saya ini tidak praktis, alasannya :
- Memindahkan roda gigi harus membawa rumah kopling lama yang dilepas dari mesin dan rumah kopling R15 ke bengkel bubut, proses jadi panjang, merepotkan dan lama.
- Resiko kerusakan rumah kopling R15 pada saat memindahkan roda gigi, karena alat yang digunakan mesin press hidrolik dan tidak semua tukang bubut mau atau mengerti mengerjakannya.
Sampai titik ini sudah cukup, saya pun merasa sudah cukup, kedepannya saya berniat untuk melepas rakitan kick starter-nya sekalian, karena sudah tidak ada fungsinya dan lumayan bisa mengurangi beban motor sekitar 3 Kg dan lubang as kick starternya akan saya pasangi tutup mirip seperti R15, malah ada yang jual modifikasinya yang transparan disini. Tapi itu tambahan untuk next project yang lebih besar lagi di sektor mesin, jadi ditunggu ya postingannya.
Semua proses bongkar-pasang saya kerjakan sendiri tanpa bantuan mekanik, lama waktu pengerjaan sekitar 4 jam (santai sambil ngopi-ngopi) dikerjakan di rumah sendirian malem-malem. Langkah-langkahnya :
- Siapkan tool box anda lengkap dengan kunci-kuncinya.
- Posisikan motor pada standar tengah
- Buka baut tap oli dan kuras isi olinya.
- Lepas kick stater dengan membuka baut 19 nya.
- Buka bak kopling dengan cara membuka baut 8 pengikatnya. Jumlahnya ada 10 kalau tidak salah, terdiri dari 5 baut panjang, 1 baut panjang sekali dan 4 baut pendek (ingat-ingat posisi masing-masing baut agar tidak tertukar pada saat kembali memasangnya).
- Ketuk dengan dialasi kain coakan bak kopling secara perlahan untuk mendorong bak kopling sehingga terlepas (lakukan dari sisi motor kebalikan dari posisi bak kopling, sisakan satu baut panjang sekali terpasang renggang untuk mencegah bak kopling terjatuh).
Setelah bak kopling sudah terlepas dari mesin akan terlihat rangkaian koplingnya, langkah selanjutnya kita akan melepas rangkaian kopling, caranya :
- Lepaskan baut penahan setelan kopling
- Lepaskan baut penahan per kopling, untuk melepaskan caranya kendurkan secara bertahap secara menyilang sampai terlepas seluruhnya, lalu keluarkan per koplingnya.
- Selanjutnya setelah itu berurutan lepaskan pressure plate, rangkaian kampas dan plat kopling.
- Langkah selanjutnya lepaskan mur pengunci rumah kopling, sebelumnya plat penahannya (lock washer) diratakan dulu agar baut bisa berputar. Langkah yang satu ini memakan waktu paling lama, karena bautnya sangat-sangat, sangat keras, butuh perjuangan dan akal untuk menaklukkan baut 19 ini. Sebenarnya ada alat bantu khusus untuk membuka baut ini secara mudah dan aman, namun karena saya bukan montir dan tidak punya bengkel motor jadi saya tidak punya alat ini atau trik untuk membuka baut ini. Berbagai trik saya coba sampai-sampai mematahkan satu sirip rumah kopling dan salah satu lubang baut pada boss clutch, sampai saya bisa membukanya.
- Selanjutnya setelah baut pengunci rumah kopling terbuka lepaskan rumah koplingnya dengan terlebih dahulu melepas lock washer, boss clutch dan plate thrust.
- Setelah rumah koplingnya terlepas lanjut melepas idle kick gear dengan cara melepas circlip dan tiga komponen lainnya seperti yang sudah dijelaskan di awal.
Selamat.....karena sampai sejauh ini mas bro sudah sukses membuka rangkaian rumah kopling motor mas bro, selanjutnya silahkan mas bro menyeduh kopi dan santai sejenak sambil menikmati kemenangan kecil ini karena perjalanan kedepan sudah terbilang mudah.
Oke setelah semua terlepas dan badan sudah fresh kita mulai lagi dengan memasang rangkaian rumah kopling R15, langkah-langkahnya kebalikan dari waktu melepas rangkaian rumah kopling, namun ada beberapa hal yang perlu diingat yaitu :
- Sebelum memasang pelat kopling yang baru sebaiknya dicelup dulu ke dalam oli yang baru
- Pasang pelat kopling yang baru dengan urutan sebagai berikut kampas kopling kode part 45P-6321-00 lalu pelat kopling lalu kampas kode part 45P-6331-00 lalu pelat kopling lalu kampas 45P-6331-00 lalu pelat terakhir kampas 45P-6321-00. Jadi pelatnya hanya tiga, yang satu disimpan saja untuk kenang-kenangan, dibingkai lebih bagus untuk jadi pajangan.
- Seperti halnya membuka baut per kopling, memasangnya juga bertahap pengencangannya secara bersilang sampai keras merata.
Setelah semua terpasang jangan lupa isi kembali oli yang baru, lalu silahkan dinikmati hasil kerja kerasnya mas bro, anda layak dapat bintang.
Oh iya kalau mau dipasang di bengkel juga bisa, kalau orang bengkel bilang tidak bisa (kemungkinan besar akan bilang begitu) jelaskan saja bisa dengan cara melepas idle gear starter tadi.
Salam.
Review hasil dan efek samping (klo ada) donk mas Bro...thanks
BalasHapusEfek samping negatif tidak ada, efek samping positifnya putaran mesin lebih enteng
BalasHapus